Basket

Selasa, 24 Juli 2012

THEATER SHOW PERTAMA JKT48

Sejak pertengahan tahun lalu, gw mulai sedikit akrab dengan sebuah idol grup dari Jepang yang bernama AKB48. Awalnya sih cuma untuk refreshing aja dengerin musik lain, ternyata lagu-lagu mereka sangat catchy dan versi band. Itu yang membuat lagu mereka cepet masuk ke kuping gw. Dan salah satu faktor mungkin karena mereka berasal dari Jepang. Gw sejak SMP dulu selalu menjadi fan berat Hi Standard dan sekarang Dustbox. Musik Jepang memang mempunyai karakter tersendiri apapun genre musiknya. Tidak lama setelah itu gw tahu kalau bakal ada sister grup mereka di Indonesia. Namanya JKT48. Sempat terlintas kalau itu adalah plagiat, karena waktu itu lagi 'musim' plagiat girls band di Indonesia. Ternyata JKT48 adalah official sister group AKB48. Dan sebagai orang Indonesia seharusnya kita bangga karena JKT48 menjadi sister group pertama dari AKB48 diluar Jepang. Tentu semua orang bertanya-tanya kenapa mesti Indonesia? Mungkin karena budaya dan musik Jepang sudah mengakar kuat di Indonesia sebelum ada invasi K-Pop disini. Scane Jepang disini pun sangat besar. Setelah gw mencari tahu sedikit tentang AKB48, mereka itu adalah sebuah idol group yang berawal dari Theater di Akiba, Tokyo. Mereka melakukan pertunjukan di Theater secara rutin sampai mereka bisa mencapai titik kesuksesan yang luar biasa seperti sekarang. Kebetulan juga gw mempunyai beberapa teman yang sedang rajin mengulik idol grup ini. Sedikit memperbanyak pengetahuan tentang apa itu idol group dan apa bedanya dengan gilrs band yang mungkin secara kasat mata tidak ada bedanya bagi kita yang baru pertama kali melihatnya.

JKT48 pun launching show dan perkenalan mereka ke publik di FX. Sebenarnya waktu itu gw pengen dateng, tapi bentrok dengan kerjaan yang dadakan. Sedikit berbeda dengan sistem promosi AKB48, JKT48 melakukan sistem promosi dengan promosi media. Memang industri musik Indonesia, jalur paling cepat untuk promosi adalah melalui media tv nasional. JKT48 pun lebih sering tampil di acara on air dan acara musik di tv. Gw pun penasaran, kapan sih mereka melakukan Thetaer show? Dan akhirnya hal itu terjadi di bulan Mei 2012. Mereka mengadakan Theater show pertama mereka di gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan. Theater show mereka diadakan selama 4 hari dari kamis sampai minggu dan dalam 1 hari ada 2 show. Gw beruntung bisa mendapatkan tiket melalui email untuk hari terakhir show kedua. Untuk Theater show pertama mereka ini mengammbil tema dari theater show yang pernah dilakukan Team B dari AKB48 yaitu 'Pajama Drive'.

Nampaknya show hari minggu lebih banyak diminati, terbukti menurut sumber official kalau bangku penonton untuk hari minggu sampai ditambah menjadi 400 dari kapasitas 250 tempat duduk. Di dalam theater gw melihat muka-muka yang tidak pernah gw jumpai sebelumnya di acara muusik / gig lokal. Ada sih beberapa yang pernah gw lihat saat ada acara Jepang di UI dulu.

Shonici / hari pertama menjadi laku pembuka set list Pajama Drive. Salah satu lagu fav gw dari AKB48. Total 16 lagu JKT48 membawakan lagu dari set list Pajama Drive dan diakhiri dengan Encore. Semua lagu tadi di-translate ke bahasa Indonesia, sekilas seperti sedang mendengar soundtrack film atau anime Jepang yang berbahasa Indonesia. Over all penampilan mereka sangat memuaskan. Gw melihat tidak dari suara atau dance saja tapi packaging keselurahan. Good performance, good music and good image on one package. Penonton yang hadir disana pun sangat luar biasa. Mereka selalu meneriakan chant di setiap lagu. Theater show pertama day 3 pun diakhiri dengan sesi Hand Shake dan foto bareng. Member JKT48 yang paling gw suka Stella Cornelia. Gw suka keseluruhan yang ada dari dia untuk menjadi seorang idol. Dan yang pasti karena matanya hahaha. Yang jelas setelah menonton mereka di theater show memberi rasa ketagihan untuk menonton theater show berikutnya.

Hadirnya JKT48 memberikan warna baru di industri musik Indonesia. 24 gadis remaja yang enerjik dan mempunyai bakat yang bagus mencoba untuk mengembangkan semua kemampuan yang ada didalam diri mereka bersama fan mereka yang setia. Sebuah tantangan tentunya dalam menaklukan pasar musik Indonesia yang sangat komersil. Dan pastinya juga tantangan apakah mereka bisa menghindari dari yang namanya pembajakan di Indonesia? Sangat menarik untuk menunggu perkembangan mereka selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar